Destinasi Wisata Luar Negeri | Berbasah Basahan di Festival Songkran 2015 di Thailand


Wisata-keluarnegeri.blogspot.com - Negeri Gajah begitulah sebutan untuk negara Thailand. Selain terkenal dengan pantai pataya yang sungguh indah dan memukau. Pada negeri ini juga terdapat hal yang membuat wisatawan ketagihan datang di Thailand yaitu. Perayaan Songkran atau Festival Songkran atau Festival Air Songkran. 

Perayaan Songkran yang telah jatuh pada 13-15 April 2015, bertepatan dengan akhir minggu. Seperti perayaan th. baru, ada ritual bersih-bersih rumah sehari sebelum Songkran untuk membawa keberuntungan setahun ke depan. 

Bagi Warga negeri gajah, perayaan ini bisa menjadi arena berkumpul bersamaan keluarga serta membawa makanan untuk sebagian bhiksu. Namun juga sebagai puncak perayaan Songkran yakni perang air di jalanan di Thailand. 

Bangkok jadi salah satu pusat keramaian perang air itu, terutama di tempat Khao San Road, Banglamphu, atau Wisutkasat atau perempatan Bang Khun Phrom, di bawah jembatan Rama 8. 

Kecuali di ibu kota, beberapa kota atau provinsi lain yang bisa dikunjungi saat Songkran yakni di sekitar parit kota di Chiang Mai ; pantai utara, tengah dan selatan di Pattaya ; Pantai Patong, Phuket ; Songkran tengah malam di Hat Yai ; atau Pantai Chaweng, Koh Samui. 

Tourism Authority of Thailand (TAT) juga mereferensikan beberapa titik perayaan Songkran yang menarik seperti di Ayutthaya. Mereka menyebutnya sebagai salah satu Songkran paling menarik di Thailand karena gajah juga ikut dalam perayaan itu. 

Di Pantai Bang Saen, Chon Buri, pengunjung bisa saksikan kontes pahatan pasir, sebentar di Phra Pradaeng, Samut Prakan, Anda bisa bertemu dengan orang lokal dari etnis Mon yang akan gunakan kostum tradisional. 

Kecuali mereferensikan sebagian tempat menarik untuk rasakan kemeriahan Songkran, TAT juga memberikan saran penting, terutama pada sebagian turis asing yang ingin rasakan siram-siraman air, agar selalu aman dan nyaman. 

Pertama, bawalah pistol air sendiri. Mereka jadi mereferensikan untuk beli yang tembakannya bisa menjangkau jauh dan ‘tangki’ airnya cukup besar. Karena ada di festival Songkran tak berarti apa-apa apabila tak memiliki fotonya, jadi belilah pelindung buat kamera Anda. Ingat, umumnya orang akan keduanya sama menyerang dengan siraman atau semprotan air. Lebih baik siaga daripada kamera rusak karena basah. 
image tourismthailand.org.vn
image journeymart.com


image hoteldebangkok.com
Gunakanlah baju yang nyaman dan ‘aman’ untuk berbasah-basahan. Mereka mereferensikan celana pendek, kaus, dan sandal. Namun perhatikan juga warna kaus yang Anda pakai, karena saat basah bisa jadi tembus pandang. 

Pastinya, lebih baik untuk meninggalkan dokumen paling utama, perhiasan, dan jam tangan di penginapan daripada hilang atau rusak. TAT mereferensikan tak perlu membawa gadget, namun Anda bisa memasukkan ponsel dan uang sekedarnya di pelindung plastik kedap air.

Festival besar besaran ini diadakan setiap tahunnya,jangan sampai ketinggalan ya. Selamat berwisata..!!
Advertisement
First